Thursday, 23 November 2017

almarkazi.net

» » »
# News

Seorang TKW Dieksekusi Mati di Arab Saudi

Thursday, 16 April 2015 23.39

Seorang TKW Dieksekusi Mati di Arab Saudi
http://softwareku.ucoz.com/
Seorang TKW Dieksekusi Mati di Arab Saudi 7 out of 10 based on 441 ratings.

BREBES, Almarkazi.Net — Rumah Karni (38), warga Desa Karangjunti, Losari, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16/4/2015) malam, mendadak ramai didatangi tetangganya. Mereka penasaran menanyakan kepada Darpin (37), suami Karni, tentang tersiarnya kabar istrinya telah dieksekusi mati di Arab Saudi.

Sambil mengiyakan, dengan satu per satu, Darpin menjawab semua pertanyaan tetangganya didampingi petugas dari Kementerian Luar negeri. Karni telah dihukum mati dengan cara ditembak oleh Pengadilan Yanbu, Arab Saudi.

"Saya pusing, kaget, lemas, tidak bisa berbuat apa-apa, bagai petir di siang hari," ucap Darpin kepada warga dan wartawan sambil meneteskan air mata.

Darpin mengaatakan, meski sudah mengetahui istrinya sedang menunggu hukuman mati sejak 2012, kabar telah dieksekusi pada Kamis (16/4/2015) pukul 10.00 waktu Arab Saudi atau 14.00 WIB membuatnya seakan tidak percaya.

Muhammad Sadri, petugas dari Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, menjelaskan, pihaknya sengaja datang dari Jakarta untuk memberi tahu kepada keluarga bahwa Karni telah dieksekusi mati. Menurut Sadri, pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin, termasuk mengirim surat kepada Kerajaan Arab Saudi, agar Karni diberi pengampunan. Namun, upaya yang dilakukan pemerintah tidak berhasil.

"Keluarga korban tidak mau memaafkan Karni, termasuk diganti dengan uang diat pun tidak mau. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, termasuk menyewa pengacara," kata Muhammad Sadri.

Karni divonis hukuman mati oleh Pengadilan Yanbu, Arab Saudi, setelah dinyatakan bersalah membunuh anak majikannya, Tala Al Shehri (4), pada Setember 2012 silam. Karni menghabisi nyawa korban dengan menggunakan pisau dapur saat korban sedang tertidur.

Seusai membunuh, Karni dikabarkan melakukan percobaan bunuh diri dengan meminum cairan pembersih lantai, tetapi nyawanya masih selamat.

Terpidana yang dieksekusi

Eksekusi mati terhadap Karni menambah daftar TKI yang dieksekusi di Arab Saudi. Sebelumnya, Siti Zaenab binti Duhri Rupa merupakan BMI di Arab Saudi yang dipidana atas kasus pembunuhan terhadap istri pengguna jasanya bernama Nourah binti Abdullah Duhem Al Maruba pada 1999. Siti Zaenab kemudian ditahan di penjara umum Madinah sejak 5 Oktober 1999.

Setelah melalui rangkaian proses hukum, pada 8 Januari 2001, Pengadilan Madinah menjatuhkan vonis hukuman mati kisas kepada Siti Zaenab. Dengan jatuhnya keputusan kisas tersebut, pemaafan hanya bisa diberikan oleh ahli waris korban.

Namun, pelaksanaan hukuman mati tersebut ditunda untuk menunggu Walid bin Abdullah bin Muhsin Al Ahmadi, putra bungsu korban, mencapai usia akil balig.

Pada tahun 2013, setelah dinyatakan akil balig, Walid bin Abdullah bin Muhsin Al Ahmadi telah menyampaikan kepada pengadilan perihal penolakannya untuk memberikan pemaafan kepada Siti Zaenab dan tetap menuntut pelaksanaan hukuman mati. Hal ini kemudian dicatat dalam putusan pengadilan pada 2013.

Sejak Januari 2015, Pemerintah Arab Saudi telah menghukum mati sebanyak 59 orang, 35 orang di antaranya merupakan WN Arab Saudi dan 25 orang lainnya merupakan warga negara asing. Hukuman mati dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana pembunuhan, narkoba, pemerkosaan, dan perzinahan.

Editor: admin
Sumber: Source
KOMENTAR
more SITES

http://softwareku.ucoz.com/ © 2015 About Us Help
Contact Us Hosted by uCoz
Atas
Nielsen EM